Sekolah Titi Aksara

Sabtu, 29 September 2012

Inklusi Lagi dari UGM

Metode Pembelajaran Membaca pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
Peneliti: Prof. Dr. Amitya Kumara, MS, Ni Wayan Primanovenda, Nur Laelatul Barokah

Abstrak
Kemampuan membaca memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar seorang anak. Hambatan dalam proses membaca dapat berpengaruh terhadap kualitas pengetahuan  yang diperoleh. Kekhususan yang dimiliki seorang anak dapat menghambat kemampuan membacanya jika tidak didukung dengan metode pembelajaran yang sesuai.

Pendidikan inklusi menjanjikan kesetaraan kesempatan menempuh pendidikan bagi setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Namun, pendidikan inklusi belum tentu diikuti dengan penyesuaian metode pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus.

Penelitian ini mencoba menggali metode pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan kemampuan membaca pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Penelitian menggunakan metode studi kasus. Pengambilan data beserta analisisnya dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah seorang siswa autistik kelas 2  dan seorang siswa slow learner kelas 5 di dua sekolah dasar inklusi yang berbeda di Kota Yogyakarta.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) tidak ada metode pembelajaran khusus yang digunakan oleh sekolah inklusi dalam mengajarkan kemampuan membaca pada siswa berkebutuhan khusus, (2) perkembangan kemampuan akademik siswa didukung oleh proses belajar tambahan, (3) dukungan sekolah dan keluarga memiliki pengaruh dalam perkembangan belajar siswa di sekolah.
Kata kunci: membaca, autistik, slow learner, inklusi.

Tidak ada komentar: