Metode Pembelajaran Membaca pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
Peneliti: Prof. Dr. Amitya Kumara, MS, Ni Wayan Primanovenda, Nur Laelatul BarokahAbstrak
Kemampuan membaca memiliki peran yang
sangat penting dalam proses belajar seorang anak. Hambatan dalam proses
membaca dapat berpengaruh terhadap kualitas pengetahuan yang diperoleh.
Kekhususan yang dimiliki seorang anak dapat menghambat kemampuan
membacanya jika tidak didukung dengan metode pembelajaran yang sesuai.
Pendidikan inklusi menjanjikan
kesetaraan kesempatan menempuh pendidikan bagi setiap anak, termasuk
anak berkebutuhan khusus. Namun, pendidikan inklusi belum tentu diikuti
dengan penyesuaian metode pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus.
Penelitian ini mencoba menggali metode
pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan kemampuan membaca pada
siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Penelitian menggunakan
metode studi kasus. Pengambilan data beserta analisisnya dilakukan
dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah seorang siswa
autistik kelas 2 dan seorang siswa slow learner kelas 5 di dua sekolah
dasar inklusi yang berbeda di Kota Yogyakarta.
Hasil penelitian adalah sebagai
berikut (1) tidak ada metode pembelajaran khusus yang digunakan oleh
sekolah inklusi dalam mengajarkan kemampuan membaca pada siswa
berkebutuhan khusus, (2) perkembangan kemampuan akademik siswa didukung
oleh proses belajar tambahan, (3) dukungan sekolah dan keluarga memiliki
pengaruh dalam perkembangan belajar siswa di sekolah.
Kata kunci: membaca, autistik, slow learner, inklusi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar