Metode Pembelajaran Membaca pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
Peneliti: Prof. Dr. Amitya Kumara, MS, Ni Wayan Primanovenda, Nur Laelatul BarokahAbstrak
Kemampuan membaca memiliki peran yang 
sangat penting dalam proses belajar seorang anak. Hambatan dalam proses 
membaca dapat berpengaruh terhadap kualitas pengetahuan  yang diperoleh.
 Kekhususan yang dimiliki seorang anak dapat menghambat kemampuan 
membacanya jika tidak didukung dengan metode pembelajaran yang sesuai. 
Pendidikan inklusi menjanjikan 
kesetaraan kesempatan menempuh pendidikan bagi setiap anak, termasuk 
anak berkebutuhan khusus. Namun, pendidikan inklusi belum tentu diikuti 
dengan penyesuaian metode pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus.
Penelitian ini mencoba menggali metode
 pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan kemampuan membaca pada 
siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Penelitian menggunakan 
metode studi kasus. Pengambilan data beserta analisisnya dilakukan 
dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah seorang siswa 
autistik kelas 2  dan seorang siswa slow learner kelas 5 di dua sekolah 
dasar inklusi yang berbeda di Kota Yogyakarta.
Hasil penelitian adalah sebagai 
berikut (1) tidak ada metode pembelajaran khusus yang digunakan oleh 
sekolah inklusi dalam mengajarkan kemampuan membaca pada siswa 
berkebutuhan khusus, (2) perkembangan kemampuan akademik siswa didukung 
oleh proses belajar tambahan, (3) dukungan sekolah dan keluarga memiliki
 pengaruh dalam perkembangan belajar siswa di sekolah.
Kata kunci: membaca, autistik, slow learner, inklusi.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar